Langsung ke konten utama

CONTOH PROPOSAL BANTUAN PEMERINTAH BAGI WIRAUSAHA PEMULA


PROPOSAL


USAHA BUBUK KOPI GAYO ARABIKA


 

Nama:

              LESTARI AKA S.I.P




DATA USAHA
Nama Usaha: Senug Coffe
Aamat          : 
No. Tlp        : 
Email           


PENDAHULUAN

A.         Latar Belakang
Aceh merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang identik dengan warung kopi, bisa dikatakan bahwa kopi sudah menjadi sebuah identitas baru yang semakin menjamur di negeri tanoh rencong ini. Banyak sekali usaha-usaha warung kopi dengan beragam jenis cita rasa maupun tampilannya ditambah lagi dengan pemberian nama yang mengundang rasa penasaran konsumen sehingga menarik minat mereka untuk mencicipinya. Untuk menciptakan rasa yang unik dan memiliki inovasi maka sangat dibutuhkan biji/bubuk kopi yang berkualitas dan untuk saat ini biji kopi yang menjadi favorite dari konsumen adalah biji kopi yang berasal dari dataran tinggi Gayo yaitu biji kopi Arabika.
Saat ini saya sedang menjalankan usaha penjualan biji/bubuk kopi Arabika Gayo, usaha ini sudah saya rintis sejak awal tahun 2017 dan sudah memiliki merk dagang sendiri yaitu “Senug Kupi Gayo Arabika”.Usaha saya berjalan lancar hingga saat ini dan sudah memiliki pelanggan yang bersedia menampung hasil olahan biji/bubuk kopi yang saya jalankan Saat ini saya hanya menjalankan usaha tersebut dari rumah dengan menggunakan fasilitas media sosial sebagai wadah untuk mempromosikan usaha saya. Saya ingin usaha ini dikembangkan lebih besar agar dapat membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang kurang beruntung dalam masalah ekonomi. Namun karena keterbatasan dana, saat ini saya masih menggunakan mesin pengolahan biji kopi milik orang lain.
Usaha penjualan biji/bubuk kopi arabika ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan karena didukung oleh budaya masyarakat Aceh yang sangat suka minum kopi. Selain itu, jika usaha ini berkembang lebih besar maka dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain dan membantu perekonomian masyarakat Aceh.

B.     Manfaat/Tujuan Usaha
Usaha bubuk kopi gayo arabika ini cukup menjanjikan , karna keuntungan yang  didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan memberikan harga yang relative terjangkau dengan tetap menjaga kualitas produk. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan.
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha kami dapat berkembang dan  Keuntungan dapat kami peroleh. Ini akan menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis yang lebih besar dan dapat menambah penghasilan serta meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dengan cara membuka lapangan pekerjaan baru
C.     Produk
Produk yang kami tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen adalah biji/bubuk kopi yang diproduksi dari kebun milik sendiri sehingga menjamin kualitas biji kopi yang akan diolah  selain itu produk ini tidak menggunakan bahan campuran apapun sehingga cita rasanya sangat alami dan khas kopi gayo.Untuk meningkatkan daya saing di pasaran maka saya akan menawarkan produk bubuk kopi gayo arabika asli tanpa campuran seperti jagung ataupun beras.
D.  Rencana Usaha dan Pemasaran
Pengolahan biji/bubuk kopi berada di kabupaten Aceh Tengah dan dekat dengan kebun kopi agar limbah yang dihasilkan dari pengelupasan kopi basah dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. Pemilihan lokasi yang dekat dengan kebun kopi dapat meminimalisir biaya produksi.
E. Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua       kalangan masyarakat, baik kalangan kalangan menengah dan kalangan atas. Produk ini juga mengikuti trend pasar saat ini dengan cara menggunakan kemasan produk yang menarik pembeli.
F.         Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
1.        Dari mulut ke mulut (Word of mounth)
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana dan tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini.
Cukup dengan           bercerita dengan teman-teman dan keluarga untuk mempromosikan usaha   kami sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat  akan mengetahui usaha kami. 
2.        Memanfaatkan media sosial
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial, seperti dapat melalui facebook, instagram, twitter dan lain-lain. Kita juga memanfaatkan jasa para selebgram dan artis lokal dalam mempromosikan produk kami melalui akun media sosial mereka.Sehingga produk ini lebih di kenal oleh semua kalangan baik tua maupun muda.
3.        Menjalin kerja sama
Agar memiliki pelanggan yang tetap yang secara rutin menampung hasil produksi maka kami menjalin kerja sama dengan beberapa warung kopi yang ada di provinsi Aceh.
G.        Tenaga Kerja
Kami memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus seperti sarjana dan lain-lain, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun / telaten, sabar, kerja keras dan tidak gengsi karena ini merupakan pekerjaan remeh menurut pandangan masyarakat tertentu.
H.        Harga
Harga yang kami tawarkan bervariasi sesuai dengan kebutuhan pembeli. Bubuk kopi dengan kemasan 250 gram kami jual dengan harga Rp. 35.000, kemasan 500 gram Rp.75.000 sedangkan kemasan 1Kg kita jual dengan harga Rp. 135.000.
I.          Modal awal
NO
ITEM
 JUMLAH/UNIT
 BIAYA/UNIT
 TOTAL
1
Bahan Baku (Kopi)
100 kg
80.000
8.000.000
2
Mesin Pengupas kopi segar
1 unit
2.500.000
2.500.000
3
Biaya Jasa Roasting
100 kg
20000
2.000.000
4
Mesin Penggiling bubuk Kopi
1 unit
1.800.000
1.800.000
5
Kemasan
160 lembar
5000
800.000
6
Mesin Kemasan
1 unit
900.000
900.000
7
Sewa Tempat
1 tahun
3.000.000
3000.000
JUMLAH
19.000.000

J.   Perkiraan Pendapatan

Perkiraan pendapatan kami ;

Penjualan per hari
3000 gram ( Jam Pelayanan Pukul 10.00 s/d 17.00 Senin s/d Minggu)

3000 gram x Rp. 135.000( diambil harga kemasan per kg) =405.000 Rp./hari
Rp. 405.000  x 30hari=RP. 12.150.000/bulan

PERKIRAAAN PENDAPATAN PER BULAN:

Pendapatan         per bulan        =          Rp. 12.150.000,-

Harga Pokok Penjualan            =          Rp.3.450.000,-

Laba Kotor                                 =          Rp. 8700.000,-

Biaya-biaya                                =          Rp. 2.625.000,-

Laba Bersih                                =          Rp, 6.075.000,-


PENUTUP


Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima oleh Kementerian Koperasi dan UKM agar dapat membantu dalam permohonan bantuan modal awal bagi usaha kami sebesar Rp.19.000.000,- . Dengan demikian  ke depan bantuan ini akan dapat membuka lapangan kerja baru dan mensejahterakan kehidupan masyarakat sekitar, serta juga dapat meningkatkan kecintaan masyarakat akan produk-produk dalam negeri.

 Hormat kami


Lestari AKA S.I.P







Komentar